Quiz, 1. Perhatikan kalimat di bawah ini !, jalan jalan ke kota jepang, jangan lupa membeli kerupuk, buat apa kita ke jepang, kalau hanya membeli kerupuk, Apakah kalimat di atas bisa dinyatakan sebagai Pantun?? mengapa?? jelaskan!!

Posted on


Quiz


1. Perhatikan kalimat di bawah ini !
jalan jalan ke kota jepang
jangan lupa membeli kerupuk
buat apa kita ke jepang
kalau hanya membeli kerupuk

Apakah kalimat di atas bisa dinyatakan sebagai Pantun?? mengapa?? jelaskan!!​

Ya, kalimat diatas dapat digolongkan sebagai Pantun.

Pembahasan

Mengapa kalimat diatas dapat digolongkan sebagai Pantun? Itu disebabkan karena pada kalimat diatas bersajak a a . Kenapa pantun harus dilestarikan terutama pantun turun temurun? Itu disebabkan pantun adalah warisan budaya dari nenek moyang kita. Lantas, apakah yang disebut itu pantun?

Pantun adalah puisi lama yang seringkali di kenal di Nusantara, dan pantun juga memiliki empat bait yang bait pertama dan bait kedua berisi lampiran, dan sedangkan bait ketiga dan keempat berisi tentang isi, kandungan, nasehat atau lain sebagainya. Ciri-ciri pantun adalah memiliki empat bait, bersajak a – b – a – atau bersajak a a a a, dan bait pertama dan bait kedua berisi lampiran, dan sedangkan bait ketiga dan keempat berisi tentang isi, kandungan, nasehat atau lain sebagainya, dan pantun memiliki 8 sampai 12 suku kata.

Tambahan;

Langkah pertama untuk menentukan pantun adalah tentukanlah dulu polanya, pola pada pantun adalah sajak yaitu bersajak a – b – a – b atau bersajak a – a – a – a. Setelah itu tentukan pada bait satu dan dua yang seharusnya berisi lampiran dan bait ketiga dan keempat seharusnya berisi isi, kandungan, nasehat dan lain sebagainya, dan tentukan jumlah suku katanya.

Pelajari Lebih Lanjut

  1. Apa yang dimaksud dgn pantun : brainly.co.id/tugas/13813647
  2. Karakteristik pada pantun adalah : brainly.co.id/tugas/7990235
  3. Jemis-jenis pantun : brainly.co.id/tugas/35769889

Detail

Kelas : 7

Mapel : Bahasa Indonesia

Bab : 5

Sub Bab : Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat

Kata kunci : Menentukan Pantun

Kode mapel : 1

Semester : Ganjil (1)

Kode Kategorisasi : 7.1.5

Jenjang : SMP dan MTs


Leave a Reply

Your email address will not be published.