Quis Malam, 1. Ciri ciri Orang yang ibadah shalatnya di terima oleh Allah swt., cuma 1 soal kok…, Aku ingin tahu saja.., Jawab dengan benar dan serius

Posted on


Quis Malam


1. Ciri ciri Orang yang ibadah shalatnya di terima oleh Allah swt.

cuma 1 soal kok…
Aku ingin tahu saja..
Jawab dengan benar dan serius ​

Jawaban:

Pertama: Dia yang merendahkan diri dengan shalatnya karena kebesaran-Ku. Salat yang diterima ialah shalat yang dilakukan dengan penuh tawadhu’ karena kebesaran dan keagungan Allah.

Andaikan orang ini khusyuk hatinya, akan khusyuk jugalah seluruh tubuhnya. Putuskan semua cabang hati yang berkaitan dengan dunia ini. Sabda Rasulullah shalallahu alahi wasallam, “Shalatlah shalat perpisahan.”

Shalatlah shalat yang mengucapkan selamat tinggal kepada dunia ini. Kekhusyukan tidak akan pernah tercapai bila kecintaan kepada dunia menguasai hati. Allah tidak akan terasa bila urusan dunia menjadi pusat perhatian.

Kedua: Dia tidak menyombongkan diri kepada makhluk-ku. Tawadhu’-Nya dalam shalat melahirkan rendah hati dalam pergaulannya dengan sesama manusia.

Kekuasaan tidak menyebabkan ia sombong karena ia tahu bahwa kekuasaan adalah amanat Allah. Kekayaan tidak menyebabkannya memperbudak orang lain karena ia tahu bahwa harta hanyalah titipan Allah.Ketiga: Dia tidak mengulangi maksiat kepada-ku. Dalam hidup, sekali waktu kita pernah jatuh ke dalam maksiat, kecil atau besar. Mungkin pernah kita palsukan angka dalam kwitansi.

Mungkin pernah kita berdusta kepada orang lain. Mungkin kita pernah menyakiti hati tetangga. Mungkin pernah kita memanfaatkan jabatan untuk memperkaya diri. Bahkan mungkin pernah kita menyebabkan orang lain menderita dalam hidupnya.

“Barangsiapa salatnya tidak menyebabkan dia menjauhi kekejian dan kemungkaran, maka salatnya hanya akan menambah dia jauh dari Allah saja.”

Keempat: Dia mengisi sebagian siangnya untuk berzikir kepada-Ku

Ada seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah shalallahu alahi wasallam, “Ya Rasulullah, syariat Islam sudah banyak pada diriku. Ajarkanlah kepadaku sesuatu yang bisa aku pegang teguhKelima: Dia menyayangi orang miskin, orang dalam perjalanan, wanita yang ditinggalkan suaminya, dan mengasihi orang yang mendapat musibah.

Shalat yang diterima Allah tampak bekasnya dalam kehidupan orang yang melakukannya.

Islam bukan saja datang untuk menegakkan akidah dan ibadah, melainkan juga membela manusia yang lemah: fakir miskin, orang yang kehabisan bekal, janda yang ditinggalkan suaminya, dan orang yang menderita. Orang kaya yang membuat sudut kecil di rumahnya untuk shalat tahajud di malam hari, tidak diterima salatnya bila ia membiarkan tetangganya mati kelaparan, bila tidak tersentuh hatinya oleh penderitaan orang lain, bila acuh tak acuh saja terhadap masalah kemiskinan bangsanya.


Leave a Reply

Your email address will not be published.