C. Kerjakan soal-soal berikut!, 1. Jelaskan hubungan antara unsur biotik, abio-, tik, dan sosial budaya!, 2. Rika tinggal di daerah pegunungan dengan, lereng terjal. Sebutkan tiga upaya pelestarian, lingkungan yang dapat dilakukan masyarakat, di wilayah tempat tinggal Rika!, 3. Jelaskan pengaruh kondisi geografis terhadap, kegiatan masyarakat!, 4. Mengapa tanah di daerah dataran rendah, sangat sesuai untuk dikembangkan kegiatan, pertanian?, 5. Mengapa daerah dataran rendah lebih cepat, berkembang daripada daerah dataran tinggil

Posted on


C. Kerjakan soal-soal berikut!


1. Jelaskan hubungan antara unsur biotik, abio-
tik, dan sosial budaya!
2. Rika tinggal di daerah pegunungan dengan
lereng terjal. Sebutkan tiga upaya pelestarian
lingkungan yang dapat dilakukan masyarakat
di wilayah tempat tinggal Rika!
3. Jelaskan pengaruh kondisi geografis terhadap
kegiatan masyarakat!
4. Mengapa tanah di daerah dataran rendah
sangat sesuai untuk dikembangkan kegiatan
pertanian?
5. Mengapa daerah dataran rendah lebih cepat
berkembang daripada daerah dataran tinggil​

1. karena lingkungan itu terbentuk dari makhluk biotik (makhluk hidup) yang melakukan tindakan sosial dan berbudaya. kemudian ditambah dengan adanya makhluk abiotik yg menjadi pendorong terbentuknya suatu lingkungan.

2. -Membuat sengkedan.

-Melakukan penanaman pohon pada area yang terjal.

-Menjaga kesuburan tanah dengan tidak menggunakan pupuk atau bahan kimia yang dapat mencemari tanah.

3. – Pengaruh kondisi geografis terhadap kegiatan ekonomi masyarakat adalah membuat Indonesia menjadi lalu lintas perdagangan dunia karena wilayahnya yang strategis.

– Indonesia memiliki kekayaan SDA yang sangat besar.Letak Indonesia juga berdekatan dengan berbagai negara,baik yang berkembang maupun yg maju.

– Hal ini akan mendorong Indonesia dalam melakukan perdagangan.Dan yang terpenting adalah perusahaan asing seperti Freeport menanamkan modalnya/investasi di Indonesia.

4. tekstur tanah di dataran rendah lebih gembur, sehingga ideal untuk bercocok tanam. Apapun jenis tumbuhan pasti akan tumbuh subur dan sehat di dataran rendah yang subur.

5. Daerah dataran rendah lebih cepat berkembang di banding daerah lainnya. Penyebabnya adalah ada banyak faktor seperti di daerah dataran rendah akan lebih mudah dalam pendistribusian barang dan jasa sehingga menyebabkan daerah itu cepat berkembang. Dataran rendah memiliki kemudahan juga dalam bercocok tanam.


Leave a Reply

Your email address will not be published.