Berikanlah kalimat naskah berdialog improvisasi bebas

Posted on


Berikanlah kalimat naskah berdialog improvisasi bebas

JAWABAN:

Pagi hari, pukul 06.45 Rika berangkat ke sekolah diantar dengan ayahnya. Sesampainya di sekolah, ia hanya melihat satu temannya saja, yaitu Rena. Pagi itu sedang terjadi hujan ringan sehingga sekolah tampak terlihat sepi.

Saat itu, Rena sedang membaca novel kesukaannya sambil mendengar lagu menggunakan earphone-nya. Kemudian Rika menyapa Rena yang sedang membaca novelnya.

Rika : ” Selamat pagi, Rena!”

Rena: “Pagi juga, Rika. Ngomong-ngomong apa kau sudah menyelesaikan tugas dari Bu Siti?”

Rika: “Sudah Ren, kalau kamu gimana?”

Rena: “Syukurlah, aku juga sudah kok!”

Rika: “Eh Ren, Kenapa ruangan kelas kita terlihat kotor sekali?”

Rena: “Ya wajar Rika, kan kemarin kelas kita melakukan praktek IPA”

Rika: “Emm, kalau gitu yuk kita bersihkan! (menarik tangan Rena)”

Rena: “Kenapa harus kita yang bersihkan? kan ada Pak Lutfi yang tugasnya bersih-bersih. Tunggu saja pak Lutfi datang Rik, paling juga sebentar lagi. (kembali fokus ke novelnya)”

Rika : “Kan yang melihat kelas kotor pertama kali adalah kita, Ren. Lagipula kita juga akan mendapat pahala dari membantu Pak Lutfi membersihkan kelas”

Rena: “Ah tidak usahlah, biar pak Lutfi saja yang bersih bersih. Aku lagi ingin menyelesaikan cerita di novel ini. (Tidak berkutik dari novelnya)”

Rika: “Ya sudah kalau kamu tidak mau membantu, biar aku sendiri saja yang bersih bersih. (Memungut sampah yang berserakan di kelas)”

Rika membersihkan halaman sendirian. Ia mengambil sampah satu demi satu dan memasukkan ke dalam tempat sampah. Bersamaan dengan itu, datanglah salah satu teman namanya Danny.

Danny: “Pagi, teman teman..”

Rika&Rena: “Pagi juga, Dan!”

Danny: “Loh Rik, kamu ngapain bersih-bersih hkelas? Bukannya nanti Pak Lutfi yang bersihkan ya?”

Rena: “Iya tuh dengerin si Danny, biarin Pak Lutfi saja yang bersih bersih.”

Rika: “Danny, kan kelasnya kotor juga karena kita, apa salahnya kalau kita yang membersihkan? Lagian sampahnya tidak terlalu banyak.”

Danny: “Iya juga. Tapi terserah kamu sih Rik, aku mau bermain dulu..

Beberapa menit kemudian Lily datang dan mengucapkan salam sapa kepada semua yang ada di kelas.

Lily: pagi semua, lagi ngapain kalian bertiga? Kalian berdua hanya melihat Rika membersihkan halaman tapi kalian malah sibuk sendiri? (Lily menegur Rena&Danny)

Rika: Pagi, Lily, Emm Biarlah Ly, biarkan saja mereka tidak mau membantu. Tidak mengapa kok..

Danny: Tadi aku udah bilang kan ada Pak Lutfi. Jadi biarkan Pak Lutfi melaksanakan tugasnya bersih-bersih, kitakan tugasnya belajar.

Lily: Kalian tidak boleh seperti itu teman teman, kita tidak boleh mengandalkan Pak Lutfi untuk membersihkan sekolah kita. Kebersihan itu kan sebagian dari iman loh! (Tegas Lily kepada Renadan Danny)

Selain itu menjaga kebersihan juga supaya kita terhindar dari penyakit. (Lanjut Lily)

Rena: Setiap hari aku menjaga kebersihan tapi tetap saja sakit.

Lily: Sakit itu disebabkan karena tidak menjaga kebersihan. Bisa juga karena kurang asupan gizi dan lemahnya imun tubuh kita.

Rika: Iya bener tuh Lily, sakit itu datangnya dari penyakit yang datang dari sampah-sampah sekitar, kita hanya berusaha saja dengan menjaga kebersihan serta menjaga asupan gizi kita.

Lily : Sudah sudah cukup, jangan saling menyalahkan. Lebih baik sekarang kita bersama-sama menjaga lingkungan kelas. Agar terlihat indah dan bersih. Lingkungan bersih, hati kita pun akan ikut bersih dan kita pun merasa nyaman

Rena&Danny: Iya Yuk Yuk..

Rena: Ya udah. Setelah bersih bersih nanti aku akan melanjutkan membaca novelnya.

Rika: Danny, kamu yang laki-laki ambilin tempat sampah dong..!

Danny: Iya deh, demi kenyamanan kita semua.

Akhirnya mereka semua pun berbondong bondong membersihkan kelas mereka. Mulai dari memungut sampah, menyapu dan membuang sampah ke dalam tempatnya.

{Semoga membantu ^-^}


Leave a Reply

Your email address will not be published.