Berikan contoh dan penjelasan konsep momentum dan impuls yang ada dalam kehidupan sehari-hari !, Jawab :

Posted on


Berikan contoh dan penjelasan konsep momentum dan impuls yang ada dalam kehidupan sehari-hari !


Jawab :​

Jawaban:

pengertian dari momentum dan impuls, saatnya mempelajari konsep hukumnya. Secara matematis, momentum dirumuskan sebagai p=m.v, dengan p adalah momentum (kg m/s), dan v adalah kecepatan benda (m/s).

Dimisalkan contoh momentum adalah bola biliar X dan bola biliar Y. Sesaat sebelum tumbukan, bola X bergerak mendatar ke kanan dan bola Y bergerak mendatar ke kiri. Kedua bola tersebut bergerak hingga bertumbukan. Momentum sistem partikel sebelum tumbukan tentu sama saja dengan jumlah momentum bola X dan bola Y sebelum tumbukan.

Sedangkan impuls merupakan hasil kali antara gaya rata-rata dan selang waktu gaya bekerja, yang dirumuskan secara matematis sebagai I=F.Δt, dengan I adalah impuls dalam ns, F adalah gaya yang diberikan dalam newton, serta Δt adalah selang waktu dalam sekon.

Salah satu contoh impuls adalah pada saat babak pinalti dalam pertandingan sepak bola. Pertama-tama bola akan diletakkan di titik garis yang berjarak cukup jauh dari gawang. Setelah itu, salah seorang pemain akan menendang bola yang sebelumnya diam menuju gawang. Gaya tendangan pada bola termasuk gaya kontak yang bekerja disebut sebagai gaya impulsif. Gaya impulsif mengawali suatu percepatan hingga menyebabkan bola bergerak cepat dan semakin cepat.


Leave a Reply

Your email address will not be published.