Apakah yang dimaksud dengan prinsip 5R? (Reduce, reuse, recycle, replant, replace)

Posted on


Apakah yang dimaksud dengan prinsip 5R? (Reduce, reuse, recycle, replant, replace)

1. REDUCE ( pengurangan )

Mengurangi pemakaian suatu barang atau pola perilaku manusia yang dapat mengurangi produksi sampah, serta tidak melakukan pola konsumsi yang berlebihan. Contohnya adalah mengurangi penggunaan barang yang tidak bisa didaur ulang seperti penggunaan kantong plastik pada swalayan.

2. REUSE ( penggunaan kembali )

Kegiatan menggunakan kembali material atau bahan yang masih layak pakai. Contohnya adalah menggunakan kembali botol bekas yang masih layak untuk menanam tanaman.

3. RECYCLE ( mendaur ulang )

Kegiatan mengolah kembali (mendaur ulang). Pada prinsipnya, kegiatan ini memanfaatkan barang bekas dengan cara mengolah materinya untuk dapat digunakan lebih lanjut. Contohnya adalah memanfaatkan dan mengolah sampah organik untuk dijadikan pupuk kompos, memanfaatkan barang bekas untuk dibuat kerajinan, dll.

4. REPLACE ( penggantian )

Kegiatan untuk mengganti pemakaian suatu barang atau memakai barang alternatif yang sifatnya lebih ramah lingkungan dan dapat digunakan kembali. Upaya ini dinilai dapat mengubah kebiasaan seseorang yang mempercepat produksi sampah. Contohnya adalah mengubah penggunaan kertas tisu dengan menggunakan sapu tangan, dll.

5. REPLANT ( penanaman kembali )

Kegiatan penanaman kembali, sering juga disebut reboisasi. Contohnya adalah melakukan kegiatan reboisasi hutan, mangrove, dan pemanfaatan pekarangan secara optimal untuk mengurangi global warming.

Semoga memantu.


Leave a Reply

Your email address will not be published.