Apa perbedaan RPP rutin dengan RPP ptk

Posted on


Apa perbedaan RPP rutin dengan RPP ptk​

RPP merupakan singkatan dari Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran. Seorang guru wajib membuat RPP sebelum masuk ke kelas dan melakukan pengajaran kepada para siswa. RPP sangat penting karena RPP merupakan panduan seorang guru dalam mengajar agar hasil dari pengajaran dan pembelajaran di kelas dapat sesuai yang diharapkan. Berikut ini perbedaan dari RPP rutin dan RPP PTK, yaitu:

  • RPP rutin dibuat sekali dan akan dievaluasi setelah selesai satu periode pengajaran. Satu periode pengajaran berlangsung selama satu semester.
  • RPP PTK sangat mungkin terjadi perubahan dari rencana awal. PTK adalah sebuah penelitian tindakan kelas yang diadakan dalam bentuk cycle atau periode pendek. Dalam satu periode pengajaran biasanya hanya terdiri dari beberapa pertemuan. RPP PTK akan berubah dan mengambil masukan dari periode pengajaran sebelumnya.

Pembahasan

RPP berisi berbagai macam hal terkait dengan pengajaran di kelas. Di dalam RPP terdapat tujuan pembelajaran, hasil yang diharapkan dari proses pengajaran, metode pengajaran, dan metode evaluasi dari sebuah proses pengajaran dan pembelajaran di kelas.

Seorang guru perlu membuat RPP sebelum mulai mengajar. Mengajar para siswa tanpa RPP akan membuat aktivitas pengajaran dan pembelajaran di kelas kurang terarah. Hal ini disebabkan guru tidak mempunyai pegangan yang jelas akan proses pembelajaran yang harus dilakukan. RPP akan membuat guru mengajar lebih runtut, sistematis dan efektif.

Pelajari lebih lanjut

  1. Pengertian dari RPP brainly.co.id/tugas/5732581
  2. Fungsi dan Kegunaan RPP brainly.co.id/tugas/4385993
  3. Manfaat Media Pembelajaran pada KBM brainly.co.id/tugas/45312010

Detail jawaban

Kelas: VI

Mapel: Umum

Bab:  Tugas Guru dan Penelitian Tindakan Kelas

Kode: –

#AyoBelajar #SPJ2


Leave a Reply

Your email address will not be published.