5. Manfaat energi potensial angin dalam PLTB adalah …., a mengumpulkan energi matahari, b. menggerakkan kincir angin, c, menggerakkan baling-baling, pesawat, d. menyaring udara

Posted on


5. Manfaat energi potensial angin dalam PLTB adalah ….


a mengumpulkan energi matahari
b. menggerakkan kincir angin
c, menggerakkan baling-baling
pesawat
d. menyaring udara​

Jawaban:

Energi angin mempunyai dua sisi yang bertolak belakang. Di satu sisi, di sisi yang merusak, angin bisa menjadi musibah yang pada umumnya di luar intervensi manusia, seperti angin badai dan topan. Hantaman angin kencang ini bisa merubuhkan pepohonan, rumah, bangunan bertingkat atau apa saja yang dilaluinya. Kalau di laut bisa mengakibatkan gelombang yang menggunung dan dengan mudah membalikkan dan menenggelamkan kapal yang sedang berlayar.

Di sisi lain, di sisi yang bermanfaat, angin bisa menjadi sumber tenaga yang dibutuhkan manusia untuk membantu dan mempermudah kegiatannya, bahkan untuk mencapai kesenangannya.

Suatu memori yang tak terlupakan ketika masih kanak-kanak, kita sering main layang-layang. Bahkan orang dewasa juga main layang-layang, dan pertandingan atau festifal layang-layang telah menjadi salah satu event pariwisata yang menarik minat para turis. Bukan hanya layang-layang yang dimainkan anak-anak, tetapi juga permainan baling-baling yang terbuat dari kertas. Baling-baling akan berputar kencang atau pelan seirama dengan kecepatan angin yang meniupnya.

Bagi nelayan atau pelaut, angin dimanfaatkan sebagai mesin untuk mendorong laju perahu atau kapalnya. Pada waktu sore hari, angin berembus dari daratan ke lautan yang dikenal dengan angin darat, dan dimanfaatkan oleh nelayan untuk pergi ke tengah laut mencari ikan. Pagi hari berikutnya akan terjadi angin laut yang berembus dari lautan ke daratan, dan dimanfaatkan oleh nelayan untuk kembali ke darat untuk menjual ikan hasil tangkapannya.

Penjelasan:

Jadilah jawaban yg tercerdas


Leave a Reply

Your email address will not be published.