1. jelaskan apa yang anda ketahui mengenai metode payback period, internal rate of return, net present value dan profitability indeks!, 2. kemanfaatan suatu proyek terhadap ekonomi nasional haruslah dianalisis, jelaskan dari aspek yang perlu di analisis!

Posted on


1. jelaskan apa yang anda ketahui mengenai metode payback period, internal rate of return, net present value dan profitability indeks!


2. kemanfaatan suatu proyek terhadap ekonomi nasional haruslah dianalisis, jelaskan dari aspek yang perlu di analisis!

Jawaban:

1. Metode Net Present Value (NPV)

Metode penilaian investasi net present value (NPV) adalah selisih antara nilai sekarang dari investasi dengan nilai sekarang dari penerimaan uang kas bersih dimasa mendatang.

Keputusan dengan mengguanakan analisa NPV ini ada dua kemungkinan.

1.Apabila selisih antara nilai sekarang dari arus kas lebih besar yang berarti nilai NPV positif. Maka investasi tersebut layak untuk dijalankan.

2.Apabila selisih antara nilai sekarang dari arus kas lebih kecil yang berarti nilai NPV negatif. Maka investasi tersebut tidak layak untuk dijalankan.

2. Metode Payback Period (PP)

Analisa metode penilaian investasi payback period adalah sebuah metode untuk mengetahui kapan waktu kembalinya dana investasi yang telah dikeluarkan. Payback period mengukur lamanya dana investasi yang dikeluarkan perusahaan akan kembali seluruhnya seperti awal mula.

Dengan analisa metode payback period akan diketahui berapa lama sebuah investasi bisa dikembalikan ketika terjadi kondisi BEP (break even point) atau titik impas.

Metode Profitability Index (PI)

Analisa metode penilaian investasi profitability index (PI) membandingkan antara nilai arus kas dimasa mendatang dengan nilai pengeluaran investasi yang sekarang.

Profitability index dikenal juga dengan nama profit investment ratio (rasio laba investasi) dan value investment ratio (rasio investasi nilai).

4. Metode Average Rate of Return (ARR)

Metode penilaian investasi average rate of return ini menilai seberapa besar keuntungan dari sebuah investasi. Keuntungan yang dimaksud adalah laba bersih setelah pajak yang dibandingkan dengan nilai rata-rata dari investasi.Apabila hasil perhitungan angka ARR lebih besar daripada tingkat return yang diisyaratkan. Maka investasi ini layak untuk lakukan. Namun apabila yang terjadi sebaliknya, maka investasi tersebut tidak layak untuk dijalankan.

5. Metode Internal Rate of Return (IRR)

Analisa metode penilaian Internal Rate of Return (IRR) adalah metode analisa investasi dengan menghitung tingkat suku bunga yang menyamakan present value (nilai sekarang) investasi saat ini dengan present value dari penerimaan arus kas dimasa yang akan datang.

2.Manfaat SKB

1. Manfaat bagi investor

Dalam hal ini investor bisa suatu lembaga domestik atau asing bisa pula individu-individu pemilik modal baik domestik maupun asing, baik pemilik bisnis atau proyek maupun diluat bisnis/proyek. Pengertian investor disini adalah seseorang atau lembaga yang memiliki sejumlah dana dan menanamkan dananya langsung dalam proyek investasi dengan mendapatkan kompensasi berupa deviden.

Para investor dalam menanamkan dananya menggunakan prinsip bahwa proyek yang akan dibiayai harus benar-benar dipersiapkan dan harus layak dari segi teknis, ekonomi, dan keuangan. Hal ini diinginkan oleh para investor karena tidak ingin proyeknya gagal. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu studi yang serius dalam merencanakan suatu proyek yang disebut studi kelayakan bisnis/proyek. Studi kelayakan bisnis tersebut bisa dibuat oleh investor itu sendiri, pemilik proyek yang masih membutuhkan penanam modal lain, atau pihak ketiga misalnya konsultan.

a. Studi kelayakan bisnis bagi investor itu sendiri

Fungsinya adalah untuk meyakinkan dirinya sendiri bahwa keputusan investasi yang akan dilakukannya adalah keputusan yang telah diperhitungkan dengan matang dan proyeknya akan menghasilkan keuntungan yang lain.

b. Studi kelayakan bisnis bagi pemilik proyek

Fungsinya adalah untuk menarik minat penanam modal lainnya terhadap proyek dan meyakinkan para calon penanam modal tersebut bahwa proyek memiliki prospek keuntungan yang baik.

c. Studi kelayakan bisnis bagi konsultan

Fungsinya adalah untuk berbagai pertimbangan. Pertimbangan tersebut antara lain ketidakmampuan pemilik proyek melakukan studi kelayakan, misalnya kkarena proyek berskala besar membutuhkan orang-orang yang pengalaman dalam melakukan studi proyek atau agar penilaian proyek bisa dilakukan seobjektif mungkin karena dilakukan oleh pihak ketiga.


Leave a Reply

Your email address will not be published.