1. buatlah kronologi sidang ppki ke-1, ke-2 dan ke-3!, 2. sebutkan hasil dari keputusan sidang ppki ke-1, ke-2 dan ke-2, 3. sebutkan dan jelaskan apa itu knip dan bagaimana latar, belakang pembentukannya!, 4. jelaskan mengenai dua maklumat yang berkaitan perubahan, dalam pemerintahan yang berasal dari kinerja knip!

Posted on


1. buatlah kronologi sidang ppki ke-1, ke-2 dan ke-3!


2. sebutkan hasil dari keputusan sidang ppki ke-1, ke-2 dan ke-2
3. sebutkan dan jelaskan apa itu knip dan bagaimana latar
belakang pembentukannya!
4. jelaskan mengenai dua maklumat yang berkaitan perubahan
dalam pemerintahan yang berasal dari kinerja knip!​​

Jawaban:

1.- PPKI atau Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia bertugas untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Sejarahnya, PPKI pernah menggelar beberapa sidang. Lantas apa hasil sidang PPKI tersebut?

Perlu diketahui, anggota awal PPKI hanya 21 orang. Jumlah anggota bertambah menjadi 27 orang. PPKI menggelar sidang sebanyak 3 kali, sehingga ada 3 hasil sidang PPKI yang perlu diketahui publik. Berikut adalah hasil sidang PPKI dalam sejarah kemerdekaan Indonesia.

Hasil Sidang PPKI Pertama

Dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 1945. Hasil sidang PPKI pertama antara lain:

Baca Juga: Kronologi Peristiwa Rengasdengklok

Mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945

Memilih Ir. Soekarno sebagai Presiden dan Drs. Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden

Pembentukan Komite nasional untuk membantu tugas Presiden sementara sebelum dibentuknya MPR dan DPR.

Hasil Sidang PPKI Kedua

2.Keputusan pertama : Mengesahkan UUD (Undang-Undang Dasar) 1945.

Keputusan kedua : Memilih presiden dan wakil presiden. Jabatan presiden dipilih Ir Soekarno, sementara wakilnya yakni Drs. Mohammad Hatta. …

Keputusan ketiga : Pembentukan Komite Nasional.

3.KNIP adalah organisasi bantuan presiden yang anggotanya adalah tokoh masyarakat dari berbagai kelompok dan daerah, termasuk mantan anggota Komite Persiapan Kemerdekaan Indonesia. KNIP diakui sebagai cikal bakal legislatif di Indonesia, sehingga tanggal pembentukannya diresmikan sebagai hari jadi DPR RI.

4.- Indonesia merdeka dari penjajah pada tanggal 17 agustus 1945, mendapat kedaulatannya dengan pemerintahan yang dipimpin Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta.

Indonesia yang masih negara baru pada saat itu masih meraba-raba sistem pemerintahan seperti apa yang terbaik bagi negara.

Pada saat itu, Presiden dan Wakil Presiden belum memiliki lembaga yang membantunya seperti MPR dan DPR.

Dilansir dari situs resmi Dewan Perwakilan Rakyat, dibentuklah Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) untuk membantu Presiden dalam pembangunan negara sebagai badan legislatif.

Baca juga: Sistem Presidensial, Sistem Pemerintah di Indonesia

Pada masa tersebut, Indonesia memiliki sistem pemerintahan Presidensial di mana Presiden bertindak sebagai kepala negara dan pemerintahan.


Leave a Reply

Your email address will not be published.